start Berwisata ke Taman Margasatwa Ragunan Jakarta ~ Jalan Jalan Ah

Tips Jalan Jalan Kamu ada Disini

Berwisata ke Taman Margasatwa Ragunan Jakarta

Hari Sabtu apa kabarrr??? Akhirnya kau datang juga.. Huhu.. Rutinitas padat pikiran pun penat, piknik yuukkkk... Hmm.. Butuh tempat liburan yang hijau, sejuk, tidak terlalu ramai dan tidak perlu pergi ke luar Jakarta. Emang ada tempat yang sejuk dan hijau di JAKARTA???

........................... ADA DONKKKK ............................. DIMANA ? ..............................

Gerbang Utama Kebun Binatang Ragunan
Ada di bilangan Pasar Minggu, Jakarta Selatan... Yuppp.. Taman Margasatwa Ragunan, tepatnya berada di Jl. Harsono, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Berada sekitar 20 km dari pusat kota. Ruang terbuka hijau ini berdiri sejak 22 Desember 1966 dan diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin.
Sebelumnya Taman Margasatwa Ragunan berada di Jl. Cikini Raya dengan nama Platen En Dierentuin (Taman dan Kebun Binatang) pada tahun 1949, namanya menjadi Kebun Binatang Cikini. Seiring perkembangan Kota Jakarta, Cikini tak cocok lagi menjadi lokasi kebun binatang. Pada tahun 1964 Pemprov DKI Jakarta pada saat itu memindahkan satwa koleksi Kebun Binatang Cikini ke Ragunan.

Oke... Jam menunjukkan pukul 9 pagi, saya dan Mas Paul menuju Stasiun Kereta Grogol dengan tujuan stasiun Lenteng Agung untuk menuju Taman Margasatwa Ragunan, dengan rute Stasiun Grogol - Stasiun Duri - Lenteng Agung. Tidak perlu menunggu waktu lama di setiap stasiun, kereta yang akan membawa kami ketujuan pun segera datang. Sesampainya di Stasiun Lenteng Agung kami melanjutkan perjalanan dengan angkot nomer 17 berwarna hijau muda dengan rute Lenteng Agung - Ragunan dengan tarif per orang Rp,3 ribu saja. Namun untuk mendapatkan angkot nomer 17 kita harus jalan ke arah pasar, tidak terlalu jauh sih bagi yang suka berjalan kaki.. hehe.. dari Stasiun Lenteng Agung, kita harus menyebrang dengan jembatan penyebrangan lalu jalan ke arah barat menuju pasar yang berada si sisi kiri jalan dan kita akan melewati jalanan agak menurun, ikuti saja sampai menemukan angkot nomer 17.

Sekitar 15 menit perjalanan menggunakan angkot, sampailah kita di pintu masuk sebelah timur Taman Margasatwa Ragunan,... Yeeeeyyy... Suasana Pintu Gerbang Timur Ragunan tidak seramai Pintu Gerbang Utara Ragunan dimana Pintu Utara Ragunan merupakan Pintu Masuk Utama.. hihihi, jadi lebih bisa menikmati suasana apalagi udara disini lebih sejuk dari pada pusat kota, menambah nyaman suasana liburan.. Harga tiket masuk  Taman Marga Satwa Ragunan untuk Dewasa : Rp. 4 ribu. Dan untuk Anak - anak : Rp. 3 ribu. 


Peta Wilayah Kebun Binatang Ragunan

FYI  : Setiap hari Senin Bonbin Ragunan tutup yaaa... Karena hari Senin adalah hari libur untuk para satwa.. hihihi... Mereka juga butuh istirahat dan piknik kali yaa.... haha. 
Untuk info lebih lengkap mengenai Kebun Binatang Ragunan silahkan klik disini.
Setelah masuk area Bonbin kami berencana untuk menyewa sepeda agar keliling Bonbin bisa lebih Maksimal..Tempat penyewaan sepeda berada di arah utara dari Central Area. Tepatnya berada di area bermain anak dan keluarga, dekat juga dengan kandang jerapah dan gajah.. 

Sembari jalan menuju tempat penyewaan kami juga melihat beberapa satwa koleksi Bonbin, dari pintu masuk kita bisa lihat Onta, ada Orang Utan Jantan dari Kalimantan, Buaya, dan ada banyaakkk binatang lainnya.
Binatang di Bonbin Ragunan saya rasa di rawat dengan baik, terlihat dari ukuran tubuh hewan - hewan penghuni Bonbin yang terlihat sehat, gemuk dan aktif normalnya binatang.
Syukurlah......... Sehat terus ya teman - teman....


Kandang Rusa

Jalan menuju Central Area akan melewati suatu jembatan sungai kecil beraliran deras.. Namun sayang sekali, saat itu walaupun alirannya deras namun membawa banyak lumpur sehingga menimbulkan bau yang kurang sedap.. huhu.. 
Sepanjang perjalanan, kami juga mendapati banyak anak - anak sekolah berpakaian pramuka dari beberapa tingkatan sekolah. Kemungkinan mereka sedang melakukan Pengembaraan Pramuka.


Kandang Orang Utan Jantan
Ssssttt ada yang lagi tidurr..
Dalam perjalanan kami singgah ke kandang Orang Utan Betina, ternyata di kandang ini juga ada Bayi Orang Utan yang masih kecil... Lucuuuu imut - imut... hihi..


Kandang Induk Orang Utan dan Bayinya

Senang sekali kami melihat tingkah polah Bayi Orang Utan yang sedang bermain dengan induknya. Sedang asik - asiknya saya menyaksikan tingkah lucu si Bayi Orang Utan, saya dikejutkan dengan salah satu pengunjung yang melemparkan 1 bungkus kacang atom ke arah Induk Primata tersebut.. Huhuhu sedih, ternyata masih banyak orang - orang yang kurang bisa memahami untuk tidak memberikan makanan kepada hewan - hewan di Bonbin... Untuk anda... Yuk kita taat aturan dan membantu menjaga kehidupan para satwa di Bonbin agar mereka tetap sehat dan tidak cepat punah. Hoho

Daannnn...  Akhirnya sampai juga kita di tempat penyewaan sepeda... Kami berencana untuk menyewa Sepeda Tendem. Antree dulu yaaaaa, banyak peminatnya lohhh ternyata. Memang lebih asik sih kalau mengitari Bonbin dengan menggunakan sepeda.. Jenis sepeda yang disewakan ada 2 macam yaitu :

  • Sepeda single (untuk 1 orang)   : Rp. 10 ribu. 
  • Sepeda tandem (untuk 2 orang) : Rp. 15 ribu.
Setiap sepeda hanya bisa disewa selama 1 jam lamanya. Bila lebih dari 1 jam alias telat mengembalikan, akan dikenakan biaya kelebihan waktu

Sepeda Single
  • Telat 10 sampai 30 menit  : Rp. 5 ribu     
  • Telat lebih dari 30 menit   : Rp. 10 ribu
Sepeda Tandem

  • Telat 10 sampai 30 menit  : Rp. 8 ribu
  • Telat lebih dari 30 menit   : Rp. 15 ribu

Area Dekat Tempat Peminjaman Sepeda
Setelah mengantri beberapa lama akhirnya kami dapat sepeda tandem.. Kami pun langsung mengayuh sepeda keliling Bonbin sambil mencari tempat yang nyaman untuk menikmati bekal yang kami bawa dari rumah... Piknikkkk Uhuyyyy,....

Udara di tempat ini berasa sejuk dan tidak terlalu panas, mungkin karena banyak pepohonan. Tidak semua area Bonbin di padati oleh pengunjung.. Pengunjung lebih banyak berada di Central Area dan area bermain anak. Dibandingkan area lain di area keluarga ini banyak sekali orang jualan makanan seperti kerak telor dan juga bebrapa jenis minuman.

Berkeliling Bonbin menggunakan sepeda cukup menguras keringat yaa.... Hmmm.. Istirahat di bawah pepohonan kami rasa sangat cocok.. Oke, kami ambil tempat istirahat di area dekat kandang Harimau Benggala. Banyak angin sepoy sepoy, ada bebrapa keluarga yang piknik di area tersebut dan ada pula siswa sekolah yang sedang melakukan pengembaraan pramuka... hehe
Senangg rasanya berkunjung ke Bonbin Ragunan, ini yang kedua kalinya kami berkunjung.. Sungguh lebih baik dari pada dulu ketika kami datang pertama kali. Terlihat lebih rapih, bersih dan petugas keamanan selalu berkeliling untuk patroli.

Istirahat Santai Di Bawah Pohon

Menikmati angin sepoy - sepoy, udara bersih dan suara alam di Bonbin Ragunan sungguh sangat cocok bagi kamu yang ingin melepas penat dan bersantai bersama keluarga.. Tidak perlu mahal namun berkualitas itulah arti piknik yang sesungguhnya bagi kami.. hoho SENANGGGGG.....
Tak terasa 1 jam penyewaan sepeda sudah berlalu.. huhu waktunya mengembalikan sepeda ke kandang... Saat itu kami telat 30 menit dan mendapat denda Rp. 8 ribu rupiahhhh..
Acara keliling Bonbin dilanjutkan dengan berjalan kaki. 

Tidak terasa waktu sudah menunjukkan jam 3 sore..  saatnya pulanggg... Selalu ada rasa ingin kembali ke tempat ini bersama keluarga. 
See You Next Time Teman Teman Ragunan... Bahagia dan Sehat Selalu Yaaaaa... 


Tips Piknik ke Bonbin Ragunan
  • Bawa sanak saudara dan keluarga tersayang
  • Bawa bekal makanan sendiri sesuai selera
  • Bila membawa anak - anak agar di jaga dengan baik
  • Buang sampah pada tempatnya agar lingkungan tetap terjaga kebersihannya.
  • Taati setiap aturan yang ada di area kandang hewan untuk keselamatan bersama.
Rute Angkutan Umum Menuju Bonbin Ragunan
  • Dari Tangerang
    Untuk Dari Tangerang dapat menaiki Bus Agramas CB Jurusan Poris - BSD - Cibinong Minta turun di perempatan TB Simatupang - Ampera - Cilandak(Takindo). Dilanjutkan menaiki salah satu Kopaja AC S13 Jurusan Grogol - Ragunan Belakang atau Kopaja 19 Tanah Abang - Blok M - Ragunan, Silahkan minta turun di Kebun Binatang Ragunan
  • Dari Bandara Soekarno Hattta
    Untuk Dari Bandara Soekarno Hatta dapat menaiki Bus Damri Jurusan Pasar Minggu turun di Pertigaan Robinson Pasar Minggu, Dilanjutkan menaiki KWK S15A Jurusan TMII - Ragunan, Minta turun di Kebun Binatang Ragunan.
  • Dari Stasiun Bogor
    Untuk Dari Stasiun Bogor dapat menaiki KRL Jurusan Jakarta turun di Stasiun Pasar Minggu. Silahkan Keluar dari Stasiun Menyeberang Ke terminal Pasar Minggu, Dan menaiki Mikrolet 17 atu 17A Minta turun di Kebun Binatang Ragunan Pintu Timur.
  • Dari Stasiun Bekasi
    Untuk Dari Stasiun Bekasi dapat menaiki KRL Jurusan Jakarta turun di Stasiun Manggarai, Dan Dilanjutkan menaiki KRL Jurusan Bogor turun di Stasiun Pasar Minggu, dan menaiki KWK S15A Jurusan TMII - Ragunan, Minta turun di Kebun Binatang Ragunan
  • Dari Bandung
    Untuk Dari Terminal Leuwipanjang Bandung dapat menaiki Bus Primajasa Jurusan Bandung - Lebak Bulus - Ciputat Minta turun di perempatan Cilandak Trakindo, Dilanjutkan menaiki salah satu Kopaja AC S13 Jurusan Grogol - Ragunan Belakang, atau Kopaja 19 Jurusan Tanah abang - Blok M - Ragunan, 605A Jurusan Blok M - Kemang - Ragunan, 612 Jurusan Kampung Melayu - Mampang - Ragunan Belakang Minta turun di Kebun Binatang Ragunan

Share:

0 komentar:

Seminar Digital GRATIS 100%

Paket TOUR Pilihan

Berlaku: 05 Feb 2019 s.d. 30 Mei 2019 JELAJAH 3 PULAU SERIBU (ONE DAY) *AV-D Mulai dai IDR 100.000

Berlaku: 21 Nov 2018 – 31 Mei 2019 BROMO ONE DAY TRIP *CT-D Mulai dari IDR 300.000

Berlaku: 04 Mei 2019 – 05 Mei 2019 PULAU TIDUNG 2D1N *AV.D Mulai dari IDR 350.000

Berlaku: 06 Apr 2019 – 30 Mei 2019 PULAU PARI 2D1N *AV.D Mulai dari IDR 360.000

Berlaku: 27 Mar 2019 – 31 Mei 2019 PULAU HARAPAN 2D1N (OPEN TRIP) *AVD Mulai dari IDR 370.000

Berlaku: 02 Jul 2018 – 30 Mei 2019 PULAU AYER ODT *AV.D Mulai dari IDR 399.000

Berlaku: 01 Agu 2018 – 30 Mei 2019 PULAU PARI 2D1N *AV.D Mulai dari IDR 809.000

Berlaku: 02 Jul 2018 – 30 Mei 2019 PULAU PARI 2D1N *AV.D Mulai dari IDR 809.000

Berlaku: 13 Jun 2019 – 20 Jun 2019 8D7N CONSORSIUM CHINA VIETNAM BY SJ APR-JUN *TX Mulai dari IDR 7.980.000

Berlaku: 29 Apr 2019 – 03 Mei 2019 5 HARI 3 MALAM KOREA NAMI ISLAND *TX Mulai dari IDR 8.900.000

Berlaku: 05 Feb 2019 s.d. 30 Mei 2019 5 HARI 3 MALAM HAINAN ISLAND HARI SABTU STARTING JAKARTA JUN *TX Mulai dari IDR 4.650.000

Berlaku: 05 Mei 2019 – 08 Mei 2019 4 HARI 3 MALAM BANGKOK PATTAYA *TX Mulai dari IDR 5.500.000

Berlaku: 14 Mei 2019 – 18 Mei 2019 5D THAILAND MALAYSIA SINGAPORE *TX Mulai dari IDR 5.800.000

Berlaku: 01 Nov 2019 – 04 Nov 2019 MOTOGP GRAND PRIX OF MALAYSIA SEPANG INTL CIRCUIT 4D3N *TX Mulai dari IDR 5.900.000

Berlaku: 13 Jun 2019 – 20 Jun 2019 8D7N CONSORSIUM CHINA VIETNAM BY SJ APR-JUN *TX Mulai dari IDR 7.980.000

Berlaku: 12 Mei 2019 – 16 Mei 2019 5 HARI 3 MALAM KOREA NAMI ISLAND Mulai dari IDR 9.000.000

Jadi Agen Sekarang Gratis!

Diberdayakan oleh Blogger.

Label

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support